Me, Myself & Irene

work hard, travel even harder

Menu Close

Keliling Jakarta Gratis

Pemprov DKI Jakarta menyediakan bus pariwisata gratis. Bus tingkat bertuliskan “WISATA KELILING IBUKOTA!” beroperasi mulai tanggal 24 Februari 2014.

 

Rute bus adalah Bundaran Hotel Indonesia (HI) – Jl. MH Thamrin – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Majapahit – Jl. Juanda – Lapangan Banteng – Jl. Juanda – Jl. Veteran – Jl. Medan Merdeka Utara – Jl. Medan Merdeka Timur – Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. MH Thamrin – Bundaran HI.

Bus ini tidak berhenti di sembarang tempat, jadi kita harus menunggu di halte yang ditentukan. Hanya ada 9 halte saja yang tersedia, dengan petunjuk bergambar bus dan bertuliskan “CITY TOUR” :

  1. Halte Bundaran HI.

    Petunjuk di halte

    Petunjuk di halte

  2. Halte Museum Nasional.
  3. Halte Pecenongan (di depan Bank ANZ).
  4. Halte Gedung Kesenian Jakarta.
  5. Halte Masjid Istiqlal.
  6. Halte Medan Merdeka Utara (di depan Istana Negara).
  7. Halte Medan Merdeka Timur (di sebrang gedung Indosat).
  8. Halte Balaikota.
  9. Halte Sarinah.

Bus beroperasi mulai jam 09.00 – 19.00 (hari Senin – Sabtu) dan jam 12.00 – 19.00 (hari Minggu), dengan waktu tunggu sekitar 5-10 menit (tergantung kondisi jalan).

Pemandangan paling bagus dapat dilihat dari bangku paling depan. Karena peminatnya banyak, jadi harus bersabar menunggu giliran kalau mau duduk di situ.

 

Pada awalnya ada seorang guide di dalam bus yang bercerita tentang sejarah tempat-tempat yang dilalui sepanjang perjalanan, tapi sejak Januari 2015 sudah ditiadakan. Sangat disayangkan karena kita bisa mendapatkan informasi penting yang mungkin tidak diberitahukan dalam pelajaran sejarah di sekolah. Saya mengetahui gedung “Sarinah” diambil dari nama ibu susu Presiden Soekarno, berdasarkan cerita si guide.


Sejak 15 Juli 2015, dioperasikan bus tingkat baru yang didominasi warna merah. Warna merah dipilih karena bus tersebut adalah sumbangan dari Coca-Cola.

 

Seandainya setiap penumpang yang naik, diberikan sebotol atau sekaleng Coca-Cola *ngimpi.com

© 2017 Me, Myself & Irene. All rights reserved.

Theme by Anders Norén.